Increase Your Knowledge :)


Kamis, 13 Desember 2018

Jalan - Jalan ke Surabaya North Quay : Edisi Wisata Surabaya #3


Halo! Ini adalah artikel ketigaku di Edisi Wisata Surabaya!

Kali ini aku bakal ngajak kalian jalan-jalan ke Surabaya North Quay!
Yuk kita recharge lagi semangat dengan “Vitamin Sea” J

Surabaya North Quay



Sesuai dengan namanya, Surabaya North Quay atau yang biasa disingkat SNQ ini terletak di pucuk utara kota Surabaya, berbatasan langsung dengan Laut Jawa.
Lokasi SNQ sudah masuk ke dalam wilayah Pelabuhan Tanjung Perak.
Loh, kok masuk ke pelabuhan? Jangan bingung dulu, yuk ikuti ulasannya:

1. Masuk ke area SNQ



Untuk masuk ke area SNQ, kalian memang harus benar-benar masuk ke area Pelabuhan Tanjung Perak. Ketika sampai ke gerbang masuk, kalian akan ditanya tujuan datang ke pelabuhan. Tinggal bilang saja kalau kalian mau berkunjung ke SNQ. Nanti kalian akan diizinkan masuk dengan membayarkan sejumlah uang. Untuk motor, kalau tidak salah sebesar Rp 5000.

Pertama kali berkunjung kesini, aku juga kebingungan mencari tempat parkir wkwkw. Tidak perlu khawatir, kalian bisa bertanya dengan petugas yang kalian temui di dalam area pelabuhan. Mereka akan dengan senang hati mengarahkan kalian ke tempat parkir khusus pengunjung SNQ.

2. Masuk ke dalam gedung dan naik ke lantai 2.



Setelah memarkir kendaraan, kalian bisa melihat gedung di depan lokasi parkir. Terdapat tulisan “Surabaya North Quay” di atasnya. Kalian bisa masuk ke gedung tersebut menggunakan jalan di sisi kiri gedung, selanjutnya naik melewati eskalator ke lantai 2 ya.

3. Membayar sejumlah uang tiket masuk dan naik ke lantai 3.

Setelah sampai ke lantai dua, berjalanlah mendekati eskalator. Tepat dibawah eskalator, akan ada seorang petugas yang berjaga untuk menawarkan tiket SNQ. Aku lupa harganya, kalau tidak salah sekitar Rp 10.000 per orang. Tapi tenang, tiket ini sudah termasuk satu botol minuman gratis lo! (bukan air putih, tapi minuman rasa jeruk gitu. Aku enggak mau nyebut merk wkwkw).

Selanjutnya, kalian bisa naik ke lantai 3. Nah, inilah yang disebut SNQ!

4. Food Court


Lokasi pertama yang kalian jumpai setelah menaiki eskalator adalah food court. Disini terdapat banyak penjual yang menjajakan makanan dan minuman.

5. Pemandangan Laut


Selanjutnya, kalian bisa mencari pintu keluar di sisi kiri gedung. Disana, kalian akan menemukan semacam balkon berukuran besar yang langsung menghadap ke arah Laut Jawa. Di sepanjang balkon, terdapat beberapa tempat duduk dan meja kecil untuk makan dan bersantai.


Selanjutnya, kalian juga bisa menemukan taman dengan beberapa meja untuk makan dan mengobrol, serta tulisan besar warna merah bertuliskan “Surabaya North Quay”. Tulisan ini adalah objek terfavorit bagi para pengunjung untuk berfoto ria lho!



Kalau kalian beruntung, kalian akan melihat terdapat satu atau lebih kapal yang merapat ke arah SNQ dari Laut Jawa. Momen ini adalah daya tarik terbesar dari destinasi wisata SNQ. Bayangkan melihat indahnya kapal dari atas gedung, megah dan mewah sekali! Kalian bisa menyaksikan kapal tersebut sejak masih berada di tengah lautan, sampai dengan benar-benar sangat merapat ke dermaga.



“Terus gimana kalau pas aku dateng, tapi gak ada kapal apapun yang merapat?”
Jawabannya adalah, menunggu! Haha.
Waktu itu aku juga datang ke SNQ sekitar pukul 18.00 WIB dan tidak ada satupun kapal yang merapat. Namun, setelah menunggu selama 2 jam, kurang lebih pada pukul 20.00 WIB terdapat 2 kapal sekaligus yang merapat! 1 merupakan kapal penumpang dan 1 lainnya adalah kapal barang.
Sayang sekali, SNQ hanya buka sampai pukul 21.00 WIB. Jadi kemasi barang-barang kalian sebelum jam tersebut ya ^^

Waktu Berkunjung ke Surabaya North Quay

Kalau tidak salah, SNQ dibuka pada hari Selasa-Minggu pada pukul 11.00 – 21.00 WIB. Mungkin kalian bisa mencoba datang saat weekend, karena pada beberapa hari tertentu terdapat live music di area food court.

Dari balai kota, waktu tempuh ke SNQ sekitar 40 menit. Jalan yang dilewati adalah jalan besar yang dilalui oleh kendaraan-kendaraan beroda banyak, jadi hati-hati dalam berkendara ya!

~~~~~

Oke segitu dulu ya pembahasanku mengenai Surabaya North Quay.

Aku juga menulis pembahasan mengenai wisata Pantai Ria Kenjeran (Baru) – Kenjeran Park, kalian bisa baca tulisanku di sini (klik)
Dan Ekowisata Mangrove Wonorejo, kalian bisa baca tulisanku di sini (klik)

Kalau mau diskusi denganku, kontakku ada di sebelah kanan layar.

Selamat berwisata!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar