Increase Your Knowledge :)


Kamis, 13 Desember 2018

Jalan - Jalan ke Ekowisata Mangrove Wonorejo : Edisi Wisata Surabaya #2


Halo! Ini adalah artikel keduaku di Edisi Wisata Surabaya!

Kali ini aku bakal ngajak kalian jalan-jalan ke Ekowisata Mangrove Wonorejo.
Bosen kan jalan-jalan ke mall terus? Sekali-sekali kita jalan ke wisata alam yuk!

Ekowisata Mangrove Wonorejo



Sesuai dengan namanya, di tempat wisata ini kalian akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan tumbuhan mangrove yang hijau.

1. Berkunjung ke Ekowisata Mangrove Wonorejo.

Untuk sampai ke tempat wisata ini, kalian dapat mengendarai motor dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dari Balai Kota Surabaya.
Mendekati lokasi, jalan akan semakin sempit, tidak rata, dan dipenuhi kapur. Kalian juga bisa melihat beberapa tumbuhan mangrove liar di kiri jalan.
Setelah sampai, kalian bisa langsung memarkir motor kalian di tempat parkir yang telah disediakan.

2. Masuk ke Area Jogging Track Gratis



Terdapat beberapa area di Ekowisata Mangrove Wonorejo yang dapat kalian jelajahi. Salah satunya adalah area jogging track gratis. Kalian bisa langsung menemukan pintu masuk area ini dari tempat parkir motor.
Area ini berupa hamparan tanaman mangrove dengan jalan setapak yang terbuat dari kayu serta bambu. Jalan setapak dibuat memutar, sehingga kalian bisa menikmati hamparan mangrove dari berbagai sisi.

Akhir dari area ini adalah semacam food court dimana kalian bisa menikmati berbagai kuliner yang tersedia. Kalian bisa membeli makanan ringan, makanan berat, maupun minuman di area ini.

Sebagai catatan, lintasan jogging track ini tidak terlalu panjang. Hehe, namanya juga gratis. Untuk 1x keliling mungkin hanya membutuhkan waktu 5 – 15 menit.

3. Masuk ke Area Perahu Air



Ingin mendapatkan pengalaman wisata yang lebih menarik? Yuk coba perahu air!
Saat kalian berjalan di area jogging track gratis, kalian akan menemukan papan yang menunjuk ke arah kanan, kalau tidak salah tulisannya “Naik Perahu” (aku lupa, hehe). Selain itu ada juga petugas yang akan menawarkan kalian untuk pergi kesana. Fasilitas ini enggak wajib kok, jadi kalau kalian tidak mau naik perahu, ya abaikan saja hehe.

Selanjutnya, kalian bisa belok kanan mengikuti petunjuk papan kemudian berjalan terus sampai menemukan loket tiket naik perahu di sebelah kiri. Harganya lumayan, Rp 25.000 untuk satu orang (sudah termasuk pulang-pergi) untuk satu orang dewasa. Kalau untuk anak-anak Rp 15.000



Setelah membeli tiket, kalian bisa menunggu sampai perahu yang akan memberangkatkan kalian siap. Tidak usah khawatir rugi membeli tiket, karena pemandangan selama di atas air itu indah banget! Danaunya juga lumayan panjang, sehingga kalian akan menempuh perjalanan yang terasa cukup jauh. Nanti, kalian akan diturunkan di suatu lokasi yang masih termasuk dalam hutan mangrove.

4. Gazebo di atas Laut



Di lokasi ini, berjalanlah mengikuti petunjuk yang tersedia. Setelah itu, kalian akan disambut dengan pemandangan Laut Jawa yang sangat indah! Ada sekitar 7 gazebo ukuran besar di tengah laut yang bisa menjadi tempat kalian untuk bersamtai. Kalian bisa mencapai gazebo-gazebo tersebut dengan jembatan setapak dari bambu yang tersedia.




Di atas gazebo, kalian bisa menikmati pemandangan laut jawa, burung mencari makan, dan beberapa nelayan. Angin disini juga cukup keras, hati-hati jangan sampai ketiduran ya, hehe.

Setelah puas menikmati pemandangan di atas gazebo, kalian harus kembali ke titik penurunan kalian saat naik perahu tadi. Perahu penjemputan terakhir sekitar pukul 3 sore, jadi jangan sampai kalian masih tertinggal di atas gazebo melewati jam tersebut ya! Gak mau kan bermalam di hutan mangrove? :P
Kalian kemudian akan diantar kembali melewati danau sampai pada titik keberangkatan pertama.

5. Fasilitas jogging track lain.



Kalau tidak salah, aku juga melihat ada fasilitas jogging track lain yang memanjang di sepanjang danau (lintasan saat kita naik perahu). Tapi aku tidak sempat menjelajah area ini. Aku juga tidak tahu jogging track yang ini gratis atau berbayar, hehe.

~~~~~

Oke segitu dulu ya pembahasanku mengenai Ekowisata Mangrove Wonorejo.

Aku juga menulis pembahasan mengenai wisata Pantai Ria Kenjeran (Baru) – Kenjeran Park, kalian bisa baca tulisanku di sini (klik).
dan pembahasan mengenai wisata Surabaya North Quay, kalian bisa baca tulisanku di sini (klik).

Kalau mau diskusi denganku, kontakku ada di sebelah kanan layar.

Selamat berwisata!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar