Increase Your Knowledge :)


Minggu, 11 Agustus 2019

Kuliah Kerja Nyata (KKN) : Apa dan Bagaimana Tahapnya?


Halo teman – teman! Setelah 7 bulan tidak menulis, sekarang aku kembali lagi dengan artikel berjudul “Kuliah Kerja Nyata : Apa dan Bagaimana?”

Diantara kalian apakah ada yang akan berangkat KKN? Di beberapa kampus, mungkin ada sebutan lain untuk KKN, misalnya PKL atau Pengmas (Pengabdian masyarakat). Namun ada pula kampus yang menyebut PKL itu sebagai magang, tapi tentu saja KKN berbeda dengan magang ya.

KKN itu ngapain sih? Intinya, KKN adalah bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat. Karena melibatkan mahasiswa dari berbagai latar jurusan dalam satu kelompok, biasanya cakupan kegiatan selama KKN sangat luas, dan kelompok kalian bisa memilih sendiri. Kalian bisa memberi pengajaran (kegiatan bidang pendidikan), membantu masyarakat berwirausaha (kegiatan bidang ekonomi), memberi penyuluhan kesehatan (kegiatan bidang kesehatan), dan masih banyak aktivitas lain yang bisa kalian pilih.


Jadi bagaimana nih tahap-tahap menjalani KKN? Check this out!

1. Survey Pendahuluan ke Lokasi KKN

Sekitar 1 – 2 minggu sebelum KKN, kelompok kalian wajib mengirim perwakilan untuk datang ke lokasi KKN. Apa tujuannya? Pertama, untuk mengenalkan diri dengan perangkat desa. Kalian wajib nih sowan ke kantor desa setempat. Kedua, mencari tempat tinggal. Ini wajib banget! Carilah tempat tinggal yang aman, nyaman, cukup luas untuk kelompok kalian, dan harganya masuk akal. Jadi, cari tempat tinggal yang menurut kalian cocok antara harga dengan fasilitasnya. Oiya, kalau bisa carilah tempat tinggal yang dekat dengan balai desa atau rumah kepala desa/perangkat desa setempat, karena itu akan sangat memudahkan kalian. Kalian juga bisa memilih tempat tinggal yang dekat dengan fasilitas umum seperti pasar dan jalan raya. Ketiga, kalian juga bisa analisis situasi nih. Misalnya memotret kondisi jalan, kondisi sinyal HP, topografi desa, dan sebagainya.


2. Persiapan Keberangkatan

Langkah selanjutnya adalah diskusi kelompok mengenai barang apa saja yang akan kalian bawa menuju lokasi KKN. Barang ini terbagi atas dua jenis, yaitu barang pribadi dan barang kelompok. Barang pribadi bisa kalian tentukan sendiri, hal-hal apa yang sekiranya kalian butuhkan selama menjalani KKN. Ingat, bawa barang secukupnya saja ya. Sementara itu, barang kelompok biasanya merupakan barang yang dapat dipakai bersama-sama, misalnya kabel roll, setrika, dan magic com. Selain itu, ada juga barang untuk program kerja, misalnya dental kit, poster, dan reward untuk anak-anak SD. Setelah menentukan barang, tentukan juga dengan cara apa kalian akan membawa barang tersebut. Terkadang, dibutuhkan pick up kalau kalian membawa barang yang besar seperti kasur dan kipas angin. Tapi jika tidak terlalu banyak, kalian cukup menaruhnya di bagasi bis saja.


3. Identifikasi  Masalah + Perkenalan Ulang ke Perangkat Desa

Sudah berangkat dan sudah sampai di lokasi tujuan KKN, hore! Selanjutnya ngapain?
Tahap selanjutnya adalah identifikasi masalah. Beberapa jurusan mungkin mengajarkan beberapa metode tertentu untuk melakukan identifikasi masalah, namun secara umum kegiatan ini dapat dilakukan melalui diskusi dengan perangkat desa. Biasanya, perangkat desa sangat mengetahui permasalahan serta kebutuhan masyarakat. Kalau kamu ingin menemukan permasalahan yang lebih spesifik, kamu bisa menemui stakeholder terkait misalnya bidan desa untuk permasalahan kesehatan. Ingat, kamu harus selalu stay in touch dengan para pejabat desa ini ya. Karena mereka bisa sangat membantu kamu untuk beberapa hal. Pertama, meloloskan perizinan kegiatan kamu selama berada di desa. Kedua, mengarahkan kamu untuk melakukan intervensi pada kelompok sasaran yang tepat. Karena ada lho, golongan masyarakat yang tidak antusias atau bahkan menolak kegiatan yang kamu ajukan.


4. Perencanaan + Pelaksanaan Kegiatan

Karena KKN adalah spektrum pengabdian yang luas (terkecuali jika pihak kampusmu memberikan tema tertentu), maka ada banyaak kegiatan yang dapat kamu lakukan, antara lain :
a. Memberikan pengajaran di sekolah (pendidikan)
b. Melatih masyarakat berwirausaha (ekonomi)
c. Melatih masyakarat melakukan pemasaran produk (ekonomi)
d. Melatih masyarakat cara mengolah sampah (lingkungan)
e.Penyuluhan kesehatan dengan berbagai topik (kesehatan)
f. Melatih pembacaan kitab suci (keagamaan)
g. Melatih masyarakat mengembangkan tempat wisata (pariwisata)
Dan lain-lain.


5. Pembuatan Laporan dan Dokumentasi

Semua kegiatan pasti ada pertanggungjawabannya, termasuk KKN. Jadi, jangan lupa untuk membuat laporan kegiatan ya! Laporan KKN biasanya terdiri dari gambaran umum mengenai desa, rincian dari semua kegiatan yang telah kalian lakukan, bagaimana hasilnya bagi masyarakat, serta laporan keuangan. Laporan KKN ini akan diserahkan kepada dua pihak, yaitu pihak kampus dan pihak desa. Karena sekarang zaman sudah modern, beberapa kampus biasanya meminta mahasiswa untuk membuat laporan dokumentasi berupa video. Jadi jangan lupa mengabadikan momen  KKN kalian dalam bentuk foto maupun video ya.


6. Jangan Serius Terus, Ayo Wisata!

Terlalu banyak program kerja tentu akan memberatkan kalian dan pihak desa sendiri. Jadi jangan serius terus ya! Sesekali eksplorasilah keindahan desa kalian. Setiap desa pasti memiliki keunikan dan potensi wisata tersendiri. Kalian bisa memanfaatkan hal tersebut untuk melepas penat setelah menjalankan berbagai proker. Biasanya, perangkat desa akan merekomendasikan bahkan mengajak kalian untuk berwisata bersama. Jangan lupa untuk mempromosikan wisata desa kalian melalui akun sosial media kalian masing-masing ya! Supaya semakin banyak masyarakat luas yang mengenal lokasi tempat kalian KKN. Namun ingat, jangan berwisata ke tempat yang terlalu jauh dari lokasi desa kalian, kecuali kalian telah mendapat izin atau pendampingan dari pihak desa. Karena selain berbahaya, biasanya perilaku ini juga tidak disenangi oleh pihak desa.


Oke sekian dulu tulisanku mengenai  KKN. Semoga KKN kalian lancar, bermanfaat bagi masyarakat, dan bisa mengantarkan kalian mendapat nilai A ya!

Kalau kalian ingin diskusi denganku, kontakku ada di bagian kanan layar.

Terimakasih, sampai jumpa di artikel berikutnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar