Increase Your Knowledge :)


Rabu, 12 Desember 2018

Jalan - Jalan ke Pantai Ria Kenjeran (Baru) - Kenjeran Park : Edisi Wisata Surabaya #1


Halo! Setelah beberapa bulan gak nulis, kali ini aku balik lagi dengan topik tempat wisata :)

Berangkat dari kebingunganku pas mau jalan-jalan ke beberapa tempat wisata di Surabaya (maklum, anak rantau), aku bakal menulis beberapa artikel untuk membantu kalian ^^

Kenjeran Park / Pantai Ria Kenjeran Baru



Apasih bedanya Kenjeran Park dengan Pantai Ria Kenjeran (Baru)? well, keduanya adalah sama! Tempat wisata ini sebenarnya terusan dari Pantai Ria Kenjeran lama, tapi karena dipoles dan ditata lebih cantik dengan konsep (seperti) taman, jadilah Pantai Ria memiliki dua nama baru ini.

Kalau kalian menelusuri Google Map, dan tertarik untuk mengunjungi objek wisata seperti Patung Budha Empat Muka, Pagoda Tian Ti, Patung Dewi Kwan Im, dan Kelenteng Sanggar Agung, mungkin kalian agak sedikit bingung bagaimana sih cara sampai ke beberapa objek wisata ini?

1. Masuk Lewat Pintu Masuk Kenjeran Park


Sebelum bisa sampai ke objek wisata, kalian harus masuk dulu lewat pintu masuk Kenjeran Park. Disini ada sejumlah harga yang harus kita bayar, misalnya Rp 15.000 untuk satu sepeda motor (untuk tiket mobil aku lupa, hehe).
untuk jalan menuju kesini, kalian tinggal klik aja Maps menuju Kenjeran Park.

2. Parkir di Dekat Objek Wisata Kya-Kya



Setelah membayar tiket masuk, kalian bisa lurus terus ke arah timur sampai menemukan tulisan “Kya-Kya”. disini kalian bisa memarkir motor kalian dengan membayar sejumlah harga, misalnya Rp 3000 untuk motor (untuk tiket mobil aku gak tahu, hehe).

Sebelum sampai di Kya-Kya, kalian akan melewati jalan yang cukup panjang dengan pemandangan apik di kanan dan kiri jalan, berupa bangunan-bangunan unik atau pepohonan.

3. Jalan Kaki Menuju Objek Wisata


Setelah memarkir kendaraan, kalian bisa turun dan berjalan kaki untuk sampai di objek wisata. Memang cukup jauh, tapi tentunya akan lebih menyenangkan. Kalian bisa masuk ke dalam area pantai Ria Kenjeran, disana kalian akan disambut oleh banyak penjual dan bangunan-bangunan unik.

Barang yang dijual beraneka ragam. Agak jauh dari pantai, kalian akan lebih banyak menemukan penjual makanan, baik makanan berat maupun ringan. Harga yang ditawarkan juga relatif murah (Rp 10.000-25.000). Mendekati bibir pantai, kalian akan menemukan banyak penjual pernak-pernik seperti gelang, kalung, gantungan kunci, ikat rambut, bahkan penjual hamster, kura-kura, dan ikan hias.

4. Objek Wisata

Dari tempat parkir, jika kalian terus berjalan lurus ke arah utara, kalian akan sampai pada dua objek wisata, yaitu Patung Budha Empat Muka dan Kelenteng Sanggar Agung.

Kelenteng Sanggar Agung


Dari arah pantai kenjeran, terus lurus ke arah utara lalu belok kanan setelah menemukan bangunan berpintu. Setelah sampai di depan kelenteng, akan ada petunjuk jalan di sebelah kanan bertuliskan “Jalan untuk pengunjung umum”. Nah, kalian masuk saja ke ruang itu guys (jangan masuk ke dalam kelenteng ya! Itu untuk orang sembahyang). Ikuti jalan dan nanti kalian akan sampai ke Patung Dewi Kwan Im (Patung Naga) yang berhadapan langsung dengan pantai Kenjeran. Wow!

Patung Budha Empat Muka



Dari arah pantai kenjeran, terus lurus ke arah utara lalu belok kiri setelah menemukan kawasan berpagar. Disana kalian akan mendapati objek wisata Patung Budha. Ukuran patungnya besar banget guys. Selain Patung Budha, ada juga 4 ekor patung gajah, serta 1 buah Patung Ganesha. Patung-patung ini dikelilingi oleh taman-taman kecil.

Pagoda Tian Ti


Setelah puas melihat objek wisata Patung Budha dan Patung Dewi Kwan Im, kalian bisa kembali ke tempat parkir motor/mobil tadi. Kemudian, berjalan lurus ke arah timur sampai menemukan bangunan Pagoda di sebelah kiri. Bangunannya cukup tinggi guys, bangunannya berwarna-warni sehingga bagus untuk spot foto.

5. Fasilitas Lain


Malas jalan kaki? Jangan khawatir, disini juga ada fasilitas sepur kelinci (kereta kecil) yang siap membawa kalian keliling Kenjeran Park. Biayanya juga murah banget, cuma 5.000 rupiah!

~~~~~



Oke segitu dulu ya pembahasanku mengenai Kenjeran Park Surabaya.

Aku juga menulis pembahasan mengenai Ekowisata Mangrove Wonorejo, kalian bisa baca tulisanku di sini (klik)
Dan Surabaya North Quay, kalian bisa baca tulisanku di sini (klik)

Kalau mau diskusi denganku, kontakku ada di sebelah kanan layar.


Selamat berwisata!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar