Increase Your Knowledge :)


Minggu, 19 Juli 2020

Tempat - Tempat Kerja Part Time sambil Kuliah! Dimana Aja?


Halo kawan-kawan!
Untuk kalian yang saat ini masih menjadi mahasiswa dan ingin bekerja part time sambil kuliah, aku mau membagikan tempat-tempat dimana kalian bisa bekerja part time nih.
Tulisan ini aku buat sebagai bentuk penyesalan (hahaha) karena selama kuliah aku kurang memanfaatkan waktu dengan baik untuk bekerja sambilan. Bukan karena aku gak mau, tapi karena memang aku kurang tahu peluang bekerja sambilan itu ada dimana aja. Dan aku tahunya baru setelah lulus kuliah, hahaha…
[Aku mengetahui pekerjaan-pekerjaan di bawah ini dari internet dan pengalaman teman ya, semuanya belum pernah aku coba sendiri. Selama kuliah, aku cuma bekerja sambilan sebagai guru privat. Buat kalian yang pengen tahu detailnya, bisa cek beberapa postingan blog aku sebelumnya ya]
Oke, langsung saja! Dimana aja sih, bisa bekerja part time sambil kuliah?



1. Starbucks
Siapa sih yang enggak tahu Starbucks? Kedai minuman yang hits ini memang hype banget di kalangan anak muda. Kalau kalian mahasiswa dan bekerja part time di Starbucks, pastinya kalian akan di cap keren abis! Disini kalian tampaknya juga akan diajari keahlian untuk meracik berbagai macam kopi. Seragam dari pegawai Starbucks juga keren banget.
Starbucks membuka lowongan part time bagi mahasiswa, yaitu boleh bekerja hanya selama 4 jam sehari. Untuk detail lowongannya kalian bisa cari sendiri di google, atau bertanya pada teman kalian yang pernah bekerja disini.
Untuk bayarannya setahuku cukup kecil (bahkan kalau kuhitung, lebih besar bayaranku sebagai guru les privat). Tapi buat kalian sebagai pemula yang baru mau belajar untuk kerja part time, Starbucks bisa jadi pilihan yang tepat.


2. Toko Buku Gramedia
Berdasarkan beberapa artikel yang aku baca di internet, Gramedia ternyata membuka peluang bagi mahasiswa untuk bekerja part time. Hal ini terbukti dari banyaknya pegawai Toko Buku Gramedia yang juga masih berkuliah. Hanya saja, jadwal bekerja di Gramedia tampaknya lebih banyak (atau lebih ketat?) dibandingkan Starbucks. Selain itu, proses pelamaran kerjanya juga tampaknya akan lebih sulit. Kalian bisa google sendiri mengenai pengalaman cara melamar kerja sebagai pegawai toko buku Gramedia ya.
Selain itu, untuk bekerja disini kalian juga tampaknya harus bersaing dengan calon karyawan yang memang sudah siap bekerja full time. Karena berbeda dengan Starbucks, Gramedia tidak secara terang-terangan menyatakan bahwa mereka terbuka untuk karyawan part time.


3. McD
Berdasarkan hasil berselancarku di internet, ternyata banyak juga lho pegawai McD yang masih berkuliah. Namun untuk yang satu ini, sepertinya untung-untungan, untung kalau keterima hehe. Karena proses rekrutmen pegawai McD bisa dibilang cukup ribet dan tahapnya banyak, sehingga kemungkinan besar McD hanya menerima pegawai yang siap untuk bekerja full time. Meski begitu, tidak ada salahnya bagi kalian untuk mencoba. Katanya sih, soal jam bekerja bisa dinegosiasikan lebih lanjut jika nanti diterima saat seleksi. Untuk tahap-tahap proses rekrutmen nya, kalian bisa google sendiri ya.
Oh iya bicara soal McD, aku juga sempat membaca bahwa restoran cepat saji sejenis McD juga berkemungkinan untuk menerima karyawan part time, tergantung kebutuhan restoran tersebut. Contoh lainnya adalah Pizza Hut dan KFC. Kalian bisa cari tahu sendiri pada daerah domisili kalian masing-masing ya.



4. Wedding Organizer (WO)
Buaanyaak banget teman dan kakak tingkatku yang kuliah sambil bekerja sebagai bagian dari WO ini. Menurut mereka, kerja di WO lumayan enak karena pekerjaannya mudah (mempersiapkan pesta pernikahan, menyambut tamu, dll) persis seperti saat kalian menjadi panitia di acara dies natalis kampus. Hanya saja, pastinya sering kecapekan karena harus wara-wiri dan mengurus ini dan itu seharian.
Selain itu, teman-temanku juga mengatakan bahwa kerja di WO ini menghasilkan uang yang cukup banyak (bisa sampai beberapa ratus ribu per hari). Menggiurkan banget kan? Hanya saja, perlu diingat bahwa belum tentu WO tempat kalian bekerja menghandle pesta pernikahan setiap hari, jadi penghasilan kalian kemungkinan akan bersifat tidak tetap.
WO ada banyak jenis dan namanya, jadi silahkan kalian mencari tahu adakah WO di kota kalian yang bersedia menerima mahasiswa sebagai salah satu karyawan. Rajin-rajin juga bertanya pada kakak tingkat kalian!


5. Jurnalis Kampus
Buat kalian yang hobi menulis, posisi sebagai jurnalis kampus pastinya sangat menarik. Namun, tidak semua universitas membuka posisi ini. Kalian bisa cari tahu lebih lanjut di universitas kalian masing-masing ya. Kalau di kampusku, posisi sebagai jurnalis kampus tersedia. Tugasnya adalah mengumpulkan dan membuatkan berita dari masing-masing fakultas, kemudian dikirimkan ke universitas. Mudah bukan? Nantinya akan mendapatkan bayaran beberapa puluh ribu untuk 1 artikel berita. Untuk dapat masuk sebagai jurnalis kampus, terdapat tahap seleksi yang harus dilewati. Selain itu, akan ada sanksi bagi jurnalis kampus yang sudah lolos seleksi namun tidak mengirimkan artikel.
Kalau di kampusmu gimana? Ada enggak lowongan sebagai jurnalis kampus?


Oke itu saja beberapa peluang kerja part time yang wajib banget kalian coba.
Sayang banget lho, kalau kalian hanya berkuliah, main, dan istirahat tanpa menyempatkan diri untuk mencoba bekerja part time. Selain menambah uang, kalian bisa menambah teman, pengalaman, koneksi, dan soft skill juga.
Jangan sampai terlambat dan menyesal setelah lulus, seperti aku hahaha.

Oh iya, jangan bertanya padaku bagaimana cara melamar pekerjaan di atas ya, karena aku sendiri juga belum punya pengalamannya. Kalian bisa cari sendiri informasinya di google jika tertarik. Proses melamar pekerjaan memang tidak semudah yang dibayangkan, but it always worth the result! Jadi jangan cepat menyerah ya.

Semoga informasi di atas bermanfaat. Kalau kalian mau saling sapa denganku, bisa menghubungiku melalui kontak yang tertera di kanan layar. Salam pejuang kerja part time! Semangat!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar