Increase Your Knowledge :)


Kamis, 02 Juli 2020

Keanehan - Keanehan pada Legend of Korra (LOK) !


Halo teman-teman!

Setelah mengunggah artikel terkait perbedaan serial ATLA dan LOK kemarin, kali ini aku akan mengunggah artikel terkait beberapa “kejanggalan” dalam serial LOK.

Sebagaimana yang kita ketahui, banyak penggemar Avatar Universe yang kurang menyukai serial LOK dan tidak mengangumi Avatar Korra selayaknya mereka mengagumi Avatar Aang. Banyak penggemar yang bahkan terang-terangan mengatakan bahwa serial LOK adalah serial sampah!
Well… tentu saja aku tidak sependapat dengan mereka hehe. Legend of Korra is pretty great! Walaupun aku tidak menyangkal ada beberapa “keanehan” yang ku temukan dalam serial LOK.
Kira-kira apa saja keanehan tersebut? Tidak banyak sih, but let’s find out!


1. Keanehan pada LOK Book 2 : Avatar Korra vs Vaatu

Banyak penggemar yang mengatakan book 2 adalah season LOK yang memiliki plot cerita terburuk. Keanehan banyak muncul pada pertarungan Korra melawan Vaatu. Beberapa diantaranya :

a. Korra berubah menjadi roh raksasa biru
Bagaimana mungkin Avatar Korra yang telah putus hubungan dengan energi Avatarnya bisa bersatu dengan energi kosmik dan berubah menjadi raksasa biru besar bercahaya? Hal ini menunjukkan bahwa semua orang (walaupun bukan Avatar) kemungkinan dapat melakukan hal yang sama hanya dengan duduk dan bermeditasi di dalam pohon waktu (tree of time) tempat Vaatu mulanya dikurung. Aneh bukan?

b. Apa yang dilakukan roh Jinora dalam membantu Avatar Korra melawan Vaatu?
Pada momen ini, Jinora semacam melemparkan cahaya ke dalam tubuh Vaatu dan tiba-tiba Raava kecil muncul dari dalam tubuh Vaatu. Hal ini sangat aneh karena sangat sulit bagi para penonton untuk memahami “keajaiban” apa yang sedang terjadi, karena penonton bahkan tidak memahami apa yang dilakukan oleh Jinora atau hal apa yang Jinora lemparkan ke dalam tubuh Vaatu. Lagipula, bagaimana cara Jinora mendapatkan “cahaya” tersebut?

c. Mengapa Vaatu selalu bertambah kuat dan semakin kuat, sedangkan Raava terus melemah tanpa sebab?
Ketika Vaatu terlepas dari Raava, alur cerita selalu memperlihatkan Vaatu yang semakin besar dan semakin kuat, sedangkan Raava terus melemah. Selain itu, semua roh juga terlihat berubah menjadi jahat sesuai dengan pengaruh Vaatu. Yang menjadi pernyataan, mengapa Vaatu bisa mendominasi dengan sangat mudah? Bukankah Raava dan Vaatu mempunyai kekuatan yang sama besar? Maka seharusnya Raava juga memiliki potensi untuk membuat roh menjadi bersifat baik, bukannya terus bertambah kecil tanpa alasan.

d. Kemana Vaatu setelah Avatar Korra memusnahkannya?
Kondisi Vaatu yang terkurung dalam pohon waktu (tree of time) selama 10.000 tahun tentu mudah dipahami oleh para penonton, namun setelah Avatar Korra memusnahkannya, kemanakah Vaatu pergi? 
Jika Vaatu muncul kembali di dalam diri Raava (Selayaknya Raava kecil yang muncul dari dalam tubuh Vaatu), apakah itu berarti dalam diri Avatar Korra (karena Raava sudah bersatu dengan roh sang Avatar) juga sedikitnya terdapat setitik kegelapan atau kejahatan?


2. Keanehan pada LOK Book 3 : Zaheer dan Guru Laghima

a. Siapa Guru Laghima?
Pada book 3, kita diperkenalkan dengan seorang nama baru oleh Zaheer, yaitu Guru Laghima. Guru Laghima digambarkan sebagai seorang guru spiritual masa lampau yang memiliki kemampuan langka berupa terbang di udara. Yang menjadi pernyataan, mengapa Avatar Aang dalam ATLA sama sekali tidak pernah menyinggung soal Guru Laghima?
Jika Guru Laghima memang seorang pengendali udara yang sangat hebat serta hidup di masa lampau, maka sudah seharusnya Avatar Aang minimal mengetahui sosok tersebut, dan mungkin juga terinspirasi olehnya. Namun, dalam serial ATLA kita sama sekali tidak pernah mendengar soal Guru Laghima. Apakah ilmu yang dimiliki Avatar Aang belum sedalam itu?
Jika ada pertanyaan tambahan “mengapa Avatar Aang tidak bisa menguasai ilmu terbang di udara jika ia adalah pengendali udara terhebat?” Hal ini mungkin dapat dipahami karena Avatar Aang tidak pernah melepaskan dirinya terhadap ikatan duniawi (anak dan istri) sedangkan Zaheer baru dapat melakukan keahlian tersebut setelah ikatan duniawinya, P’Li (kekasih Zaheer) meninggal dunia.

b. Bagaimana Zaheer bisa langsung menjadi pengendali udara yang hebat?
Sebagaimana yang kita lihat dalam serial LOK, orang-orang yang baru mendapat kemampuan mengendalikan udara setelah berlangsungnya korvengensi harmonik masih perlu banyak belajar dan latihan untuk mampu mengendalikan udara dengan baik. Zaheer adalah salah satu orang tersebut. Namun, bagaimana mungkin Zaheer “secara tiba-tiba” bisa menjadi pengendali udara yang super hebat tanpa belajar dengan siapa-siapa? Zaheer juga tiba-tiba memahami banyak pengetahuan tingkat tinggi dari pengendali udara (misalnya kemampuan terbang milik Guru Laghima) padahal Ia terkurung selama 13 tahun dan tidak pernah diceritakan pernah mempelajari hal tersebut.


3. Bagaimana Korra bisa keluar dan masuk Avatar State dengan sangat mudah?
Dalam serial ATLA kita bisa melihat bahwa masuk ke dalam Avatar State adalah hal yang sangat sulit. Pertama, Avatar Aang harus belajar membuka ke-7 cakra nya terlebih dahulu bersama Guru Pathik. Kedua, Avatar Aang hanya bisa masuk ke dalam Avatar State saat keadaan mendesak atau kondisi yang mengancam nyawa. Hal inilah yang membuat Avatar State menjadi sesuatu yang “spesial”.
Hal ini sama sekali berkebalikan dengan yang kita temui dalam serial LOK. Dalam serial ini, tidak pernah diceritakan Avatar Korra belajar mengenai cara membuka cakra. Avatar Korra juga bisa masuk dan keluar Avatar State dengan mudah sesuai dengan keinginan. Avatar Korra bahkan pernah menggunakan Avatar State untuk memenangkan permainan balap bola udara dengan Ikki, Jinora, dan Meelo. Hal ini sedikitnya membuat Avatar State terasa tidak terlalu spesial lagi.
Meski demikian, hal ini mungkin saja dapat disebabkan oleh perbedaan usia antara Avatar Aang dengan Avatar Korra. Siapa yang tahu kalau ternyata pada usia sebaya Avatar Korra, Avatar Aang juga sudah bisa keluar dan masuk Avatar State sesuai dengan keinginannya? Who knows.


~~~

Oke deh sekian dulu pembahasan mengenai beberapa keanehan dalam serial LOK.
Sebenarnya terdapat beberapa hal menarik lain untuk dibahas, seperti bagaimana Avatar Korra akhirnya bisa berpacaran dengan Asami, apakah Sokka mempunyai keluarga, dan siapakah suami dari Toph Beifong? Namun karena hal tersebut bukanlah keanehan, jadi aku tidak akan membahasnya disini hahaha.

Kalau kalian penggemar Avatar Universe juga, kalian bisa lho berdiskusi denganku melalui kontak yang tertera di kanan layar. Terimakasih sudah membaca! Yip, Yip!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar