Increase Your Knowledge :)


Minggu, 22 April 2018

Tips Menembus Wawancara Open Recruitment (Oprec) Organisasi atau Kegiatan di Kampus


Halo! Senang rasanya bisa kembali menulis di blog setelah satu tahun lebih vakum karena beberapa kesibukan J

Kali ini aku akan membagikan “tips sukses menembus open recruitment. Semoga bermanfaat!

Image result for wawancara kepanitiaan

Apa sih open recruitment itu? Open recruitment atau yang biasa kita singkat oprec adalah suatu sistem pemilihan anggota dari lingkungan eksternal untuk menjadi salah satu bagian dari organisasi atau kepanitiaan. Saat kalian nanti memasuki dunia perkuliahan, oprec akan menjadi hal yang sangat tidak asing bagi kalian. Mungkin jauh berbeda dengan SMA yang event-eventnya hanya dilaksanakan oleh OSIS ataupun internal ekstrakurikuler tertentu saja.

Berdasarkan pengamatan saya, banyak teman-teman yang gagal dalam oprec dan kemudian berputus asa lalu menganggap diri mereka tidak mampu, tidak kompeten, dan lain sebagainya. Padahal sebenarnya, kita semua pasti bisa kok menjalani amanah itu. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam mengikuti oprec sehingga kita mampu membuat interviewer percaya mengenai kemampuan dan komitmen kita.

Berikut tips-tipsnya :

  1. Pelajari dulu, baru oprec
Ada teman saya yang mengatakan “sudah, langsung oprec saja. Nanti jawabannya mengalir sesuai dengan pengetahuan dan kemampuanmu..”. Well, menurut saya, itu pendapat yang salah.

Interviewer tidak suka dengan calon anggota yang sama sekali tidak memiliki pengetahuan mengenai bidang yang akan dimasukinya. Interviewer akan menganggap kalian tidak serius dan tidak komitmen dalam organisasi/kepanitiaan.

Jadi sebelum oprec, pelajarilah dulu mengenai organisasi yang akan kalian masuki, bagaimana organisasi itu berdiri, siapa pengurusnya, apa visi misinya, apa saja kegiatannya, dan lain-lain.

Kalau kalian oprec untuk kepanitiaan, maka pelajari dulu apa yang kira-kira akan menjadi tugas kalian jika seandainya kalian diterima dalam kepanitiaan tersebut, gambaran umum acara, dan inovasi apa yang ingin kalian berikan untuk acara.

Belajarnya darimana? Kalian bisa bertanya pada anggota organisasi maupun kepanitiaan tahun lalu. Kalian juga bisa mencari informasi melalui internet dan sosial media dari organisasi/acara tersebut.

  1. Buat daftar pertanyaan dan tulis jawabannya
Setelah mempelajari organisasi atau kepanitiaan yang ingin kamu masuki, buatlah daftar pertanyaan mengenai apa saja yang kira-kira akan ditanyakan interviewer saat wawancara nanti. Buat sebanyak-banyaknya, lalu berlatihlah menjawab pertanyaan tersebut di depan cermin.

Percaya atau tidak, lebih dari 50% dari daftar pertanyaan yang kamu buat pasti akan benar-benar ditanyakan interviewer saat wawancara.

  1. Persiapkan kalimat-kalimat perkenalan diri sebelum oprec
Pertanyaan pertama setiap interviewer selalu sama, yaitu “coba perkenalkan diri kamu...” Maka dari itu kamu jangan sampai terlihat bingung pada pertanyaan pertama.

Sejak dari rumah/kos, rangkai kalimat perkenalan diri yang ingin kamu sampaikan, lalu hapalkan. Perkenalan diri ini meliputi nama lengkap, nama panggilan, fakultas, jurusan, asal, kelebihan, dan kekurangan diri (wajib).

Perhatikan bahwa kamu harus mengungkapkan kelebihan diri dengan baik namun jangan sampai terlihat sombong. Dan pilihlah kekurangan diri yang tidak berkesesuaian dengan bidang yang ingin kamu masuki. Contoh jika kamu ingin mendaftar sebagai sekretaris acara, jangan sampai kamu mengatakan “kelemahan saya adalah orang yang tidak teliti...”

Dan terakhir, sertakan kelemahanmu dengan solusi. Contoh: “kelemahan saya adalah orangnya mudah panik. Tapi hal itu saya atasi dengan berdiskusi dengan teman-teman terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan...”

  1. Jangan mengucapkan “eee...” “hmm...” Saat wawancara
Apapun pertanyaan interviewer, jawab saja secara langsung dengan hal apapun yang terlintas dalam pikiranmu. Interviewer tidak suka dengan calon anggota yang terlalu banyak berpikir atau mengucap kata eee... Atau hmm... Interviewer akan lebih menghargai dialog yang interaktif dan berjalan dengan lancar.

Masalah apakah nanti jawaban saya salah atau benar? Itu bisa diperbaiki dan dikoreksi belakangan. Yang terpenting, jawablah pertanyaan interviewer dengan lancar dan masuk akal.

Image result for sikap saat wawancara

  1. Tatap mata interviewer dan berbicaralah seperti orang yang sudah akrab
Jangan menganggap interviewer adalah dosen atau bos yang akan menghukummu jika kamu salah berbicara. Mereka tidak akan melakukan itu. Melainkan, anggaplah interviewer sebagai calon rekan kerja dan teman baikmu. Saat wawancara, tatap mata mereka dan tersenyumlah dengan percaya diri. Interviewer akan merasa percaya dan cocok denganmu sehingga tertarik untuk mengajakmu bekerjasama.

  1. Pelajari contoh kasus dalam organisasi/kepanitiaan
Pertanyaan yang paling sulit dari sesi oprec adalah studi kasus. Pelajari kira-kira apa yang akan kamu lakukan apabila organisasi/kepanitiaan mengalami suatu masalah, misalnya ada anggota yang mendadak tidak bisa dihubungi, keterlambatan konsumsi, hujan saat hari H acara, dan sebagainya.

  1. Buat closing statement
Ini adalah pertanyaan yang pasti akan muncul di akhir sesi wawancara, “silahkan mengajukan closing statement anda...”

Jangan bingung, ini adalah saat yang tepat buatmu untuk meyakinkan interviewer. Kamu bisa mengucapkan harapanmu untuk diterima sebagai anggota, alasanmu ingin menjadi anggota, dan kalau berani, kamu bisa menyertakan konsekuensi apa yang siap kamu terima jika kamu melanggar janji saat oprec.
 ***

Itu dia 7 tips untuk sukses melewati tahap wawancara dalam open recruitment. Jangan lupa untuk berdoa sebelum mengikuti oprec. Selain itu, pastikan kamu memang jujur dan memiliki niat yang baik untuk berkontribusi di organisasi/kepanitiaan ya! Jangan hanya janji-janji palsu saat oprec, lalu setelah diterima malah hilang entah kemana. Hehehe.

Good luck!

(kalau mau diskusi denganku, kalian bisa menghubungiku via beberapa kontak di kanan layar J)

3 komentar:

  1. Terima kasih atas informasinya. Jangan lupa kunjungi blog saya di https://adzinhanif.wordpress.com/ dan https://ppns.ac.id/

    BalasHapus