Increase Your Knowledge :)


Senin, 23 April 2018

Tata Cara Seleksi Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Tingkat Fakultas


Halo! Ini adalah tulisan kedua aku pada bulan April di blog ini.

Kali ini aku akan membahas mengenai “tata cara seleksi mahasiswa berprestasi (mawapres) tingkat fakultas”. Harapannya untuk teman-teman yang ingin mengikuti seleksi mawapres, kalian bisa mendapatkan sedikit gambaran dari artikel ini.

Oia, disini aku tidak akan menuliskan cara belajar yang efektif, cara membuat karya tulis, atau sejenisnya ya. Disini aku murni menjelaskan tata cara pemilihannya saja. Selebihnya, kalian harus berusaha sendiri. Calon mawapres toh? :p

Image result for mahasiswa berprestasi

Ini dia beberapa tahapan pemilihan mawapres tingkat fakultas : 

  1. Seleksi administrasi
Tahap pertama, kalian akan diminta untuk mengumpulkan beberapa berkas antara lain :
-          CV
-          Fotokopi piagam prestasi, organisasi, dan kepanitiaan
-          Fotokopi KHS
-          Fotokopi KTM
-          Surat tanda lulus kaderisasi, surat tanda bebas narkoba

Dan beberapa persyaratan lain tergantung fakultas. Dan ada satu tambahan lagi yang paling penting, yaitu :

-          Esai
Esai disini temanya telah ditentukan oleh pihak DIKTI. Jadi temanya sama se-Indonesia. Temanya pun masih bersifat sangat umum, dan kalau kalian membaca panduan mawapres, kalian akan menemukan beberapa sub tema yang bisa dipilih. Sub tema disini juga sifatnya masih umum, seperti ekonomi, teknologi, kesehatan, dan sebagainya. Kalian bisa memilih sesuai dengan minat kalian. Selain itu, kalian juga tidak harus memilih tema esai sesuai jurusan. Jadi kalau kalian dari jurusan akuntansi, membuat esai dengan tema kesehatan pun tidak masalah.

  1. Pengumuman Peserta Lolos Final
Esai yang teman-teman buat nantinya akan diseleksi untuk bersaing dengan esai-esai lain dari satu fakultas. Selanjutnya, dari seleksi administrasi akan dipilih beberapa orang untuk maju ke babak final. Jumlah yang dipilih bervariasi setiap tahun, tergantung peraturan DIKTI. Contohnya untuk tahun 2017 dipilih 8 finalis, 4 orang angkatan 2015 dan 4 orang angkatan 2016. Jangan khawatir, di babak final ini kalian hanya berlomba melawan angkatan kalian sendiri kok, tidak melawan angkatan kakak/adik kelas.

  1. Pembuatan Karya Tulis
Setelah dinyatakan lolos final, tahap selanjutnya adalah membuat karya tulis. Karya tulis yang kalian buat boleh mengambil tema yang sama, atau bahkan menjabarkan esai yang sudah kalian buat sebelumnya. Namun kalian boleh juga mengangkat topik yang berbeda sama sekali. Jangan lupa, kalian juga harus menyiapkan power point (ppt) untuk presentasi. Supaya ketika mendekati hari H, kalian tidak kelabakan. Perlu diperhatikan, jarak antara pembuatan karya tulis dengan presentasi tidak terlalu lama, kurang lebih sekitar 1 bulan kurang.

Setelah mengumpulkan karya tulis pertama kali, biasanya karya tulis tersebut akan diperiksa dan direvisi dulu oleh dosen. Kemudian akan diserahkan kembali pada kalian. Setelah menyelesaikan revisi, barulah kalian mengumpulkan karya tulis yang sifatnya final dan siap dipresentasikan.

  1. Pertarungan di Babak Final
Di Fakultas Kesehatan Masyarakat Unair, babak final pemilihan mawapres terdiri atas tes presentasi karya tulis dan tes kepribadian.

Untuk tes presentasi, mekanismenya sama persis dengan lomba karya tulis pada umumnya, presentasi 10 menit dan tanya jawab 20 menit. Uniknya, pada tes presentasi ini akan ada salah satu atau dua juri yang akan mengajukan pertanyaan dalam bahasa inggris. Tentunya, kalian diharuskan untuk menjawabnya dalam bahasa inggris juga.

Sebagai catatan, kalian akan mendapat poin plus apabila mempresentasikan karya tulis menggunakan full english. Namun sebagai konsekuensi, kalian juga harus siap jika tanya jawab dengan dewan jurinya full english juga, hehe.

Untuk tes kepribadian, kalian akan diminta untuk wawancara empat mata dengan seorang penguji. Tenang, tesnya berbahasa Indonesia kok, wkwk. Disini pertanyaan yang terlontar bisa berbagai macam dan beragam, tergantung dari jawaban kalian. Penguji bisa mengorek masa lalu kalian, daerah kalian berasal, cita-cita dan harapan kalian, serta bagaimana sikap kalian dalam menjalani keseharian. Beberapa teman saya, malahan ada yang menangis setelah keluar dari ruang tes kepribadian. Entah apa yang mereka bicarakan.

  1. Rekapitulasi Nilai dan Pengumuman Juara
Tanpa menunggu lama, biasanya pengumuman penyabet gelar mawapres akan dilaksanakan segera setelah seluruh tes dan rekapitulasi nilai selesai. Penyerahan simbol hadiah juga akan segera diberikan kepada pemenang. Untuk kalian yang belum menjadi juara biasanya juga tetap mendapat selempang finalis dan cinderamata mawapres.

Image result for presentasi karya tulis

Bagaimana? Tertarik mengikuti mawapres di fakultas kalian? Kalau kalian masih semester awal, kalian bisa mempersiapkan diri dari sekarang J

Sebenarnya seleksinya tidak sulit, asalkan kalian percaya bahwa diri kalian mampu untuk meraih gelar tersebut. Perbanyak prestasi kalian baik akademis maupun non-akademis. Saya pun masih sangat banyaaaaak (banget) kekurangan, dan semoga kita bisa sama-sama terus belajar x)

Buat kalian yang mau sharing-sharing, hubungi aku via kontak di kanan layar ya! J


Tidak ada komentar:

Posting Komentar