Increase Your Knowledge :)


Kamis, 14 Juli 2016

Prosedur Pembersihan Telinga di Dokter THT

Haii!! di pertengahan bulan Juli ini, gue mau ngepost artikel baru nih!

https://www.klikdokter.com/uploads/TanyaDokter_Image/
Pemeriksaan Telinga
buat elo yang sekarang lagi siap-siap daftar ke perguruan tinggi (kayak gue), pasti gak bakalan asing sama yang namanya tes kesehatan. nah tes kesehatan itu ngapain aja sih? biasanya, tes kesehatan adalah pemeriksaan terhadap daya fungsi alat indra kita, utamanya mata dan telinga.

daripada ribet atau bermasalah pas pemeriksaan THT/mata di perguruan tinggi, ada baiknya sebelum hari-H tes kesehatan, elo memeriksakan diri sendiri secara mandiri ke dokter terdekat guys...


nah kali ini gue mau berbagi pengalaman mengenai GIMANA SIH PROSEDUR PEMBERSIHAN TELINGA ITU? Let's check it out...

~~

1. Cek Kebersihan Telinga

Sebelum masuk prosedur pembersihan, dokter THT akan terlebih dulu memeriksa telinga elo dengan alat bernama OTOSKOP. Alat ini bentuknya kayak tongsis yang ujungnya berbentuk corong (apaan dah...). Nah nanti corong inilah yang akan dimasukkan ke telinga elo, lalu dokter akan melihat melalui bagian belakang corong.


2. Telinga Elo Bersih Gak?

Selanjutnya dokter bakal ngasi tau , seperti apa kondisi kebersihan di dalam telinga elo. kotoran telinga dapat berupa kotoran yang lunak (mudah dikeluarkan) atau kotoran yang sudah kering/lengket. letak kotoran telinga pun bervariasi, ada yang cuma sampai di daun telinga, ada yang berada di sekitar membran timpani, ada yang diatas, ada yang dibawah... (skip)


3. Alat untuk Membersihkan Telinga

Alat yang digunakan untuk membersihkan kotoran telinga yang mudah dijangkau adalah BESI KECIL DENGAN KAPAS DI UJUNGNYA. Mirip cotton bud, tapi ini besinya kecil dan ramping banget, serta lebih panjang. sedangkan kapasnya sedikit lebih besar dari cotton bud.

"Gila, yang bener aja telinga gue ditusuk pake besi?"

wkwkwk tenang aja guys... gue juga awalnya takut, tapi percaya aja sama kemampuan dokter. beliau pasti taulah sudut mana yang pas untuk memasukkan besi sehingga gak menimbulkan rasa sakit (atau gak mengenai membran timpaninya, gak ngerti juga gue). waktu itu gue ngerasain besinya dimasukin cukup dalam, sampai rasanya nembus (?) gitu, tapi gak sakit kok.

sedangkan untuk kotoran telinga yang sulit dijangkau (atau mungkin yang letaknya dekat sama membran timpani ya, hmm) alat yang digunakan dokter adalah BESI KECIL DENGAN KAPAS DI UJUNGNYA + H2O. Perlu dicatat yang digunakan adalah H2O/Aquades murni ya, bukan air galon... apalagi aqu* /ehh/

contohnya waktu itu di telinga kanan gue, kata dokternya ada kotoran lengket yang sulit dijangkau di bagian atas. nah waktu itu beliau meneteskan beberapa H2O di kapasnya, baru dimasukin ke telinga gue. rasanya? kayak dikasi soda, nyesss... gak sakit kok. buat elo yang pernah cabut gigi di dokter pasti ngerti soda kayak gimana yang gue maksud.

note : ada juga metode pembersihan telinga lain, yaitu DISEMPROT. Berhubung gue gak menjalani prosedur ini, jadi gue gak tau gimana mekanismenya, gimana rasanya, atau cairan apa yang dipake buat nyemprot :D


4. Selesai!

setelah melewati prosedur yang sama pada kedua telinga, voila! telinga elo udah bersih sekarang. rasanya agak pusing sedikit sih hehe, terus agak sakit juga kedua telinganya. tapi entar ilang sendiri kok! efek jangka panjangnya pendengaran jadi lebih tajam, bahkan suara jangkrik dari rumah tetangga aja sampai kedengeran (ya kali :)))))

~~

oke segitu dulu post gue kali ini mengenai PROSEDUR PEMBERSIHAN TELINGA DI DOKTER THT. Stay tune terus di blog gue ya! setelah ini astungkara gue mau ngepost tips mengenai SNMPTN & SBMPTN. See you!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar