Increase Your Knowledge :)


Minggu, 24 Juli 2016

PART 3 - SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) - Durasi Belajar, Tryout SBMPTN, dan Persiapan H-1

[PART 3]
GUE HARUS BELAJAR BERAPA JAM DALAM SEHARI?
Sekuat-kuatnya elo aja dan sampai dimana elo merasa cukup/capek. Tapi bukan berarti elo boleh males-malesan atau mengeluh capek tiap mau belajar ya... wkwkw.
https://img.okezone.com/content/2016/04/26/65/1373240/Kalau gue sendiri, setiap hari kurang lebih 8 jam. 4 jam saat siang (pukul 11.00 – 15.00) dan 4 jam saat malam (20.00 – 24.00). Kalau elo bukan tipe orang yang bisa begadang, inget jangan dipaksain begadang. Banyak temen-temen gue yang belajar sampai jam 3 pagi juga belum tentu pelajarannya bisa masuk, karena otak sudah terlalu lelah buat menerima informasi.
TRYOUT SBMPTN PENTING GAK SIH?
Jawaban gue : PENTING BANGET!
Manfaat yang bisa elo dapetin dari tryout :
-   Elo tau seberapa cepat elo bisa mengerjakan soal, dan mempertimbangkan lagi estimasi waktu yang elo tetapkan setiap mata pelajaran.
-   Elo bisa dapetin “feel” seperti sedang ujian SBMPTN sungguhan, jadi ketika elo menghadapi SBMPTN yang sebenarnya, elo gak ngerasa kaget lagi.
-   Makin banyak jenis soal SBMPTN yang elo tau, makin banyak jenis soal yang bisa elo diskusiin bareng teman/guru.
-   Elo bisa tau tipe soal mana yang bisa dengan mudah/cepet elo kerjain, mana yang bisa elo kerjain tapi agak lambat, dan mana yang sama sekali gak bisa elo kerjain.
-   Sekalian REFRESHING. Pasti mumet kalau cuma belajar di rumah terus. Nah dengan mengikuti TO, elo bisa sekalian jalan-jalan dan ketemu teman-teman seperjuangan di lokasi TO.
H-1 SBMPTN BAGUSNYA GUE NGAPAIN?
Saran gue : JANGAN BELAJAR!
Banyak banget temen-temen gue yang H-1 SBMPTN masih sibuk belajar, begadang, ngerjain soal... aduh saran gue jangan sih. H-1 adalah waktu yang tepat buat elo BERDOA dan TENANGIN DIRI. Bagus banget kalau elo pergi ke tempat ibadah, mohon doa restu sama Tuhan supaya ujian elo besok lancar. INGET, faktor yang menentukan kelulusan elo di SBMPTN bukan cuma isi otak elo aja, bisa aja tiba-tiba pas SBMPTN elo telat bangun, ban elo bocor, masuk angin, sakit perut, kepala pusing, atau tiba-tiba blank pas ngerjain soal. Makanya penting banget buat elo untuk minta restu sama Tuhan.
Setelah berdoa, elo bisa deh jalan-jalan, refreshing, ke salon, jajan, dll, tapi inget, jangan begadang!
~~~
Oke deh! Sekian tulisan gue mengenai SBMPTN. Maaf kalau kepanjangan, tapi mudah-mudahan apa yang gue tulis bisa bermanfaat buat elo semua!
Tetap semangat dan jangan pesimis! Gue juga dulu down dan sedih banget pas tau ternyata gak lolos jalur SNMPTN... tapi syukur astungkara gue berhasil lolos lewat jalur SBMPTN di pilihan pertama, gak nyangka banget ^^

Buat elo yang mau tanya-tanya atau sekadar say hi silahkan kontak gue lewat line/email yang tertera di banner bagian kanan layar ^^ thankyou!

PART 1 SILAHKAN KLIK DISINI

PART 2 SILAHKAN KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar