Increase Your Knowledge :)


Selasa, 12 April 2016

Pengalaman Ujian Seleksi Beasiswa President University

Hola! buat elo yang sekarang lagi nyari-nyari beasiswa, pastinya udah tau dong sama beasiswa President University? salah satu universitas paling bergengsi di Indonesia ini pastinya menarik minat banyak siswa untuk menjadi salah satu mahasiswanya. apalagi President University juga membuka kesempatan bagi kalian untuk menikmati beasiswa 100%! nah berikut pengalaman gue dalam mengikuti tes saringan masuk jalur beasiswa tulis di President University tahun 2016, semoga bermanfaat!

10 Januari 2016

bermula dari tanggal ini, President University mengadakan seminar bertajuk "United Colors of Indonesia" bertempat di Aston Hotel Denpasar. nah seminar ini GRATIS. karena gue seneng banget sama yang gratisan (hehehe), gue dengan senang hati datang ke seminar ini.

saat seminar, hadir 4 orang speaker. 3 dari kalangan alumnus President University, dan 1 orang adalah dosen President University sendiri. materi yang dibawakan cukup seru, dan speaker cukup bagus menyampaikan gagasan dalam seminar.

nah dalam seminar, kita dikasi goodie bag yang isinya brosur, buku kecil yang isinya pengenalan President University, semacam tempat kartu nama, dan gantungan kunci. tapi yang paling asik itu adalah... AKSES GRATIS UNTUK TES BEASISWA TULIS!

for your information nih... untuk yang gak ikut seminar sebenarnya tesnya berbayar IDR 100.000. tapi untuk yang udah ikut seminar (yang seminarnya gratis pula) bisa ikut tes tulis secara gratis! hehehe.

17 Januari 2016

seminggu setelah seminar, ujian seleksi beasiswa diadakan! tempatnya masih sama di Aston Hotel Denpasar. nah ujian ini dibagi kedalam dua sesi, sesi pagi untuk yang memilih jurusan yang ada hubungannya dengan dunia teknik dan komputer, serta sesi siang untuk yang memilih jurusan yang lebih bernuansa sosial seperti bisnis dan komunikasi. waktu itu gue memilih jurusan komunikasi, jadi gue  datang pukul 1 siang.

sesampai disana, kita gak langsung disuruh tes kok. pertama-tama untuk peserta seminar minggu sebelumnya, diwajibkan untuk menunjukkan bukti piagam seminar (tiket buat ikut seleksi gratisan wkwkwk). selanjutnya kita diberikan penjelasan yang lengkap banget soal President University lewat tayangan slide dan video. interesting!

sekitar pukul 3 sore, baru deh, tes beasiswa itu dimulai.

Seperti Apa Soal Tes Beasiswanya?

khusus yang memilih jurusan dari fakultas sosial, kebagian mata pelajaran psikotes, bahasa inggris, dan matematika bisnis. (buat kamu yang memilih jurusan teknik, komputer, dsb, elo akan mengerjakan jenis soal matematika yang lain). tenang aja, gak ada mata pelajaran fisika, kimia, atau biologi kok! wkwkwk.
oya, semua soalnya berbahasa inggris.

PSIKOTES --> nothing to worry! psikotesnya lumayan gampang kok. walaupun berbahasa inggris, tapi yang ditanya itu cukup sederhana. bisa gue bilang soal-soalnya 50% lebih gampang dari TKPA SBMPTN. so buat elo yang udah terbiasa di drill soal-soal TKPA SBMPTN, soal psikotes disini tidak perlu dikhawatirkan lah.

MATEMATIKA BISNIS --> matematika bisnis adalah jenis matematika paling gampang dibandingkan 2 jenis matematika lainnya yang musti dikerjain temen-temen yang memilih jurusan teknik/komputer. pertanyaan disini juga gampang banget! tinggal mencari akar akar dari persamaan kuadrat (which is persamaan kuadratnya juga super simple), hitung-hitungan sederhana, dan mencari jarak atau perpindahan. hal-hal yang perlu lo kuasai cuma rumus ABC (untuk menghitung akar persamaan kuadrat) dan teknik hitung cepat tanpa kalkulator.

BAHASA INGGRIS --> nah disini nih letak kehancuran gue wkwkw. bahasa inggris adalah soal yang mendapat jatah paling banyak pada tes beasiswa (maklum, President University kan terkenal dengan slogannya 100% menggunakan bahasa inggris).

untuk soal text, textnya gak panjang-panjang banget sih, bahasanya juga lumayan mudah dimengerti, kalau gue bandingin masih jauh lebih rumit text di SBMPTN. tapi berhubung soal dan textnya lumayan banyak, jadi harus cepet-cepet baca dan ngerjain.

untuk soal grammar.... wkwkwk no comment deh. tipe soalnya mirip dengan soal tes masuk STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara). jadi suruhannya adalah mencari kesalahan pada kalimat, dan sumpah gue gak ngerti apa-apa! yaudah, puluhan soal pada materi grammar ini akhirnya gue jawab-jawab ngasal, yang penting isi, hehehe.

NOTE :
-tesnya diberi waktu selama 3 jam, dan itu lumayan lama kok! gue lupa jumlah soalnya, kalau gak salah sekitar 130an. tapi temen-temen gue waktu itu banyak kok, yang dalam waktu 1 setengah jam udah pada selesai. kalau gue sendiri baru keluar setelah 2 jam mengerjakan.
-tes menggunakan lembar jawaban komputer
-yang ketahuan nyontek/main hape bakalan dicatet panitia dan didiskualifikasi dari peserta ujian

Gimana Hasil Beasiswanya?

gue lupa pengumumannya baru keluar setelah berapa lama, kalau gak salah sih kurang lebih satu bulan. nah pengumumannya gak dikirim via email, jadi harus sering cek-cek sendiri ke website resminya. ini linknya : http://www.president.ac.id/entrance/

well, ini adalah acceptance letter yang gue dapet sebagai hasil beasiswa :

gue dapet beasiswa tingkat II. and it feels like.... NYESEL BANGET! hahaha. padahal tinggal selangkah lagi untuk bisa dapetin beasiswa tingkat I (100% tanpa bayar). tapi ya mungkin ini karma gue karena ngawur pas jawab bahasa inggris wkkwk.

by the way temen-temen gue dari sekolah lain ada juga yang dapetin beasiswa tingkat III dan tingkat IV. jadi buat elo yang emang kepengen banget dapet beasiswa disini, jangan meremehkan ya guys! tetep belajar keras. dan jangan putus asa juga, temennya temen gue (apaan dah...) dari sekolah lain juga ada yang dapet beasiswa 100%! mantap banget!

Apakah Beasiswanya Gue Ambil?

Apalah daya gue yang daftar SNMPTN aja lewat jalur bidik misi, so buat gue IDR 165000000 itu terlalu kemahalan. belum lagi biaya hidup di Cikarang, bisa gak makan gue entar. hehehe. so gue memutuskan untuk melepas beasiswanya. tenang aja, melepas beasiswa gak ada konsekuensi apapun kok. 

Penutup

jadi buat elo yang sekarang lagi ngincer beasiswa President University, semangat belajar! mudah-mudahan bisa dapet beasiswa tingkat I. Tapi buat elo yang berasal dari kalangan menengah ke atas, gue rasa beasiswa tingkat II atau III juga udah lumayan hehe. at last but not least, good luck!! ^_^

55 komentar:

  1. Salam kenal ya.. Sungguh pengalaman yang mengesankan dan mengharukan, heheee..
    Saya rencana tanggal 12 tes BEA di Cikarang. Gedung PU.
    Saya berharap bisa mendapat BEA 1 walaupun terlihat mustahil, tapi tetap harus optimis.
    Oya.. Salam kenal ya
    Kita bisa saling share Please add ID line aku Agusmaulanaid
    Nice to meet you.

    BalasHapus
  2. Salam kenal ya.. Sungguh pengalaman yang mengesankan dan mengharukan, heheee..
    Saya rencana tanggal 12 tes BEA di Cikarang. Gedung PU.
    Saya berharap bisa mendapat BEA 1 walaupun terlihat mustahil, tapi tetap harus optimis.
    Oya.. Salam kenal ya
    Kita bisa saling share Please add ID line aku Agusmaulanaid
    Nice to meet you.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai agus, salam kenal kembali..
      Aku jga baru tadi pagi selesai tes beasiswa PU gelombang II cabang denpasar. Mudah2an kita mendapat hasil yg terbaik ya :)

      Hapus
  3. Salam kenal. Untuk hasil pengumumannya setelah login langsung muncul acceptance letternya apa gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, nanti klik aja sub menu acceptance letter di kiri atas :)

      Hapus
  4. Test-nya boleh pake kalkulator?

    BalasHapus
  5. Kak, kalau untuk teknik apakah ada yg untuk tes fisika?

    BalasHapus
  6. Kak, kalau untuk teknik apakah ada yg untuk tes fisika?

    BalasHapus
  7. Hei ka Nita , gmn hasil tes yg kedua ? Btw saya juga udh tes tapi dpt bea 2 , saya buntu di bhs inggris ka , boleh minta bantuannya ? Soalnya minggu ini saya mau ikut tes lg

    BalasHapus
  8. ka kalau buat kuliah di tahun 2017 ikut testnya mending yang kapan? ada gelombangnya gitu?

    BalasHapus
  9. Aku udah daftar ikut tes beasiswa PU minggu depan 25 September di pekanbaru. Tapi aku takut SOAL nya bahasa inggris aku jelek πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  10. Hallo kaka . aku indy , rencanya minggu ini daftar beasisiwa PU di hotel aston tropikana bandung , apakah tes nya sesuai dengan jurusan/fakultas yang kita ambil?

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum kakak, aku udah ikut tes PU tapi aku blm daftar online regist nya, terus di daftarin sama panitia nya, nah aku lupa minta no akunnya, kalau mlihat pakai akun orang lain bisa gak kak,? Aku blm coba karna pas tes aku hanya sendiri ( tanpa orang yang ku kenal ) :D

    BalasHapus
  12. Kak, mau tanya,beasiswanya harus diambil atau gapapa kalo gak diambil?

    BalasHapus
  13. Assalamu'alaikum kak
    Mau tanya kalo misalnya tdk ikut seminar apakah bs mengikuti tes beasiswanya?

    BalasHapus
  14. Hi... Aku bru tes tdi siang... Dan katany application numberny bakalan di smsin yah? Tpi kok aku blm di smsin yah? Kalo kamu gimana bisa dpt application numberny?

    BalasHapus
  15. Hi... Aku bru tes tdi siang... Dan katany application numberny bakalan di smsin yah? Tpi kok aku blm di smsin yah? Kalo kamu gimana bisa dpt application numberny?

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. @elika ang
    Aku juga pernah seperti itu kak, dan baru kemarin 30/11 ibuku di tlfon dari PU kalau aku dapt beasiswa(ntah yang berapa 1/2 aku tak tau), karna aku juga gak dapat no aplikasinya, terus ibuku di kasih no hp yng bisa dihubungin kalau mau tanya tanya, dan aku baru dapat hari ini setelah aku tes lebih dari sebulan yang lalu(bahkan hampir 2 blan) :D sudah gitu aja curhatnya :D
    Ini no nya 081291316203 saya gak mau anda trrlambat mengetahui hasil tes seperti saya :D

    BalasHapus
  19. hai kak, kemarin aku juga ikut tes beasiswa PU untuk tahun aajaran 2017, aku jjuga dapat beasiswa, subsidiya 70% dari 300, jadi cuma bayar 90.000.000 atau 9 jt/semester buat jurusan International relations, kok biaya kuliah kakkak lebih mahal ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak untuk tes bea PU jurusan Internasional relations soal" tesnya gimana ya kak? Saya rencananya mau ikut tes buat yang 2018/2019. Tolong dijawab ya kak

      Hapus
    2. Halo , mau nanya nanti kuliah dipu juga apa ga?

      Hapus
  20. hi kak, kalau utk tes jababeka masih ada yg open kah? ku mau coba apply scholarshipnya, siapapun yg baca postingan ini mohon bakes dong, ak ada tgl 15 januari tes di kampus PU, tpi tdk tahu valid/tdk makanya nanya dlu, secepatnya balas ya, thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga sama tgl 15 sekarang ada tes di PU mungkin bisa meet up

      Hapus
    2. Iya gue juga tes nanti tanggal 15 di jababeka tapi formnya kaya eror gt jadi gatau udah valid apa ngga

      Hapus
  21. Hai zahra,boleh minta kontaknya ga? Saya juga mau nyoba tgl 15 tp msh ragu2.

    BalasHapus
  22. Hai zahra,boleh minta kontaknya ga? Saya juga mau nyoba tgl 15 tp msh ragu2.

    BalasHapus
  23. Yang hari ini tes siapa aja? Bisa meet up mungkin

    BalasHapus
  24. Ohya, ko aku apply beasiswa di presuniv gabisa ya? Gagal terus form sama tempat tesnya

    BalasHapus
  25. Ohya, ko aku apply beasiswa di presuniv gabisa ya? Gagal terus form sama tempat tesnya

    BalasHapus
  26. ohya, aku besok mau ikut tesnya PU di Banda Aceh kak. good luck lah untuk kakak

    BalasHapus
  27. Maaf, yang tau bisa tolong jawab yaa urgent nih haha
    Kalo matematika untuk yang milih komputer, tipe soalnya kaya gimanaa? FR yaa

    BalasHapus
  28. Cara menolak beasiswanya gimana ya?

    BalasHapus
  29. Kalian disini registnya gimana?, online atau register yang diharuskan download form?

    BalasHapus
  30. di kampus dalam pelaksanaan pembelajarannya full english?

    BalasHapus
  31. Ada yang udah fik mau masuk pu ga buat thun 2017/2018?

    BalasHapus
  32. Misi mau tanya ada yg tgl 23 april ini ikut tes bea ? Dan mau tanya jg yg udah di pu kalo bahasa inggris krg lancar gmn ya ?

    BalasHapus
  33. Misi mau tanya ada yg tgl 23 april ini ikut tes bea ? Dan mau tanya jg yg udah di pu kalo bahasa inggris krg lancar gmn ya ?

    BalasHapus
  34. ada yang bakal tes tgl 28 may ini di hotel grand tjokro Bandung? kalau ada feel free to jawab via line ya : juanswift

    BalasHapus
  35. Salam kenal, saya Deo Lumoindong (Electrical Engineering batch 2016). Saya dapat full scholarship dari lomba waktu saya kelas 11. Sebenarnya saya juga masuk kategori Bright 1, tapi saya ambil yang dari lomba karena bisa ganti jurusan tanpa tes ulang. Ceritanya bisa dilihat disini

    BalasHapus
  36. Suksema motivasinya, berkat baca artikel ini skrng saya mendapat beasiswa tahap 2 75% di tanggung PresUniv. Salam peturu nyama BaliπŸ‘Œ

    BalasHapus
    Balasan
    1. sami-sami bos, sukses ya di Jababeka πŸ‘ŒπŸ‘Œ

      Hapus
  37. Saya juga dapat beasiswa tinggat iii,tapi apa daya saya dari keluarga kirang mampu ,tapi saya.berdoa supaya di beri keajaiban agar saya bisa.kuliah fisana beasiswa 100% untuk tahun pelajarn 2019/2020

    BalasHapus
  38. Kan ada beasiswanya kak, terus gabisa digunakan beasiswanya itu?

    BalasHapus
  39. Sama bgt kyk ceritaku tahun ini YaAllahh:((

    BalasHapus
  40. kak mau nanya tes beasiswa sama tes masuk beda ya?

    BalasHapus
  41. Kaka kalau mau ikut beasiswa harus pelajaran umum ya?
    Atau cuman pelajarin yang terkhusus jurusan yang diambil?

    BalasHapus
  42. Kaka kalau mau ikut beasiswa harus pelajaran umum ya?
    Atau cuman pelajarin yang terkhusus jurusan yang diambil?

    BalasHapus