Increase Your Knowledge :)


Selasa, 12 April 2016

Mediklin vs Jerawat


Haii! Gue balik lagi untuk ngepost, dan edisi kali ini gue mau ngebahas soal obat penghilang jerawat ^^. Sebagai wujud syukur karena gue udah sembuh dari jerawat, sekarang gue mau share pengalaman ini, dengan harapan pengalaman gue bisa bermanfaat buat kalian. buat yang lagi jerawatan dan lagi googling-googling soal obat jerawat, mudah-mudahan review gue bisa memberi pencerahan!


[ PENTING: setelah membaca review obat dari gue, jangan buru-buru ke apotik terus beli obatnya dan coba-coba sendiri. HIGHLY RECOMMENDED buat elo untuk konsultasi ke dokter kulit dulu, kali aja dia bisa ngasi obat yang lebih cocok buat elo ^^ ]


OBAT YANG GUE PAKE :: 
MEDIKLIN UNGU
Tadaaa... obat yang gue pake adalah Mediklin TR warna ungu. nah obat ini bukan hasil coba-coba berhadiah atau hasil googling, tapi ini obat yang dikasi sama dokter.

monggo disimak beberapa FAQ yang mungkin bakal kalian tanyakan ::






Emang jerawat di mukamu kayak gimana?

Okesip jadi ini dia penampakan muka gue pas belum berobat sama sekali ::
zoom aja kalau mau liat wkwk. intinya di dahi dan pipi itu penuh banget sama jerawat kecil-kecil. khusus di pipi kiri, ada juga jerawat-jerawat besar yang siap meledak. ancur banget dah pokoknya.











Dokter bilang apa penyebab jerawatmu?

Hormon stress mbak, bro. gara-gara kebanyakan stress dan begadang juga.

Mediklin itu obat keras? Cara pakainya gimana?

Dokternya sendiri gak ada bilang atau kasih peringatan macam-macam sih, tapi setelah aku googling-googling, kayaknya ini termasuk obat keras. yang terpenting buat aku sih jangan menyalahi aturan obat aja. dokternya bilang pakai sekali sehari saja sepanjang waktu tidur.

Kamu pakai sunblock?

Well memang sih setelah berselancar di internet katanya mediklin ini sensitif sekali dengan matahari. tapi menurutku "tidak sesensitif" itu sih. kena matahari boleh aja, asal jangan berlebihan. pernah waktu itu gue khilaf dan berjemur setengah jam dibawah sengatan matahari jam 12 siang, alhasil pas malemnya waktu cuci muka, muka merah dan perih banget. anyway gue gak make sunblock apapun.

Selain pake mediklin pakai produk apalagi?

cuma satu --> sabun bayi switzal. agak miris rasanya pas liat review review orang lain soal mediklin di blog sebelah, dimana penggunaan mediklin dicampur campur sama astringen, scrub, gel, haduh... saran gue sih mending gak usah. anyway gue juga gak pernah pakai bedak, foundation, pelembab (atau apapun teman-teman sejenisnya) selama penggunaan mediklin ini.

Mukamu merah, kering, dan mengelupas gak?

Kalau merah sih, yes! bahkan sampai sekarang yang namanya merah merah itu masih kelihatan wkwkw. dan bakalan terlihat sangat jelas sehabis cuci muka.

Kalau kering dan mengelupas sih enggak ya. justru muka gue malah lembap dan agak berminyak, dugaan gue sih ini karena efek sabun bayi switzal yang gue pakai.

Apa ada masa purging? kapan dan berapa lama?

selama 1 sampai 2 minggu pemakaian masih gak ada perubahan, malahan jerawat cenderung berkurang. tapi setelah menginjak minggu ketiga, --well gatau  ini yang namanya purging atau enggak-- jerawat tibatiba makin parah. berikut pictnya ::
pokoknya waktu itu udah pingin nangis karena ngerasa rugi banget udah pakai obat selama tiga minggu haha. tapi waktu itu gue coba tetep sabar`~~







Butuh waktu berapa lama untuk sembuh?

ini pict gue sekarang ::  
di picture sih memang keliatannya gak ada perubahan yang signifikan, tapi itu serius loh udah berubah banget. jerawat itu udah ilang dan sisa bekas-bekasnya, sama ada kontur kulit yang enggak rata. ya setidaknya biji-biji jerawatnya udah pada ilang lah, jadi kalau diraba sudah kerasa halus. kondisi ini gue dapetin setelah tepat dua bulan pemakaian.









Jadi intinya, tips buat survive dari jerawat :

1. JANGAN STRESS. cukup gue aja bro yang ngerasain jeleknya mendadak jerawatan gara-gara stress, elonya jangan. wkwkwk.

2. SABAR DAN AMBIL POSITIFNYA. gue juga ngerasain kok gimana ancurnya harga diri (?) gara-gara jerawatan. tapi ambil hikmahnya aja, setidaknya elo jadi tahu mana orang-orang yang masih mau standing di samping elo entah apapun yang terjadi sama diri elo, gak perduli elo itu lagi cantik atau lagi ganteng wkwkwk.

at last but not least, buat temen-temen yang sekarang lagi jerawatan, semangat!!! gue doain mudah-mudahan cepat sembuh, dan semoga cobaan ini ada hikmahnya buat kita semua, hehehe, Astungkara Amin ^_^

96 komentar:

  1. Tth.. Ini aku pake medi klin yg warna orange tapi malah tmbh bnyk jrawat ny... Ga smpet k dokter sih..ini jga lngsung k apotek nanya" seputar obt jrwt... V aduhh mlah tmbh bnyk.. Ktanya 2 hari smbuh ini udh seminggu ga da prbhan..
    By santi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga pake yang ungu jrawat aku skrng udh ga membengkak kya dulu lagi , meskipun merah2 masih ada

      Hapus
    2. Aku juga pake yang ungu jrawat aku skrng udh ga membengkak kya dulu lagi , meskipun merah2 masih ada

      Hapus
    3. Ini saya juga pake yang ungu , tetapi muka rasanya perih , kulit ngelupas , dan kenceng gitu . Saya sudah 1 bulan pemakaian terus saya pakai garnier men yang wasabi makin perih , apa ada solusinya ?

      Hapus
    4. iki : yah jangan pakai facial wash yang harsh/keras apalagi garnier dan itu yang men :') kulit kita pake mediklin aja udah kering makanya harus pake sabun yg gentle

      Hapus
    5. Iki : tapi hasilnya sekarang gmn

      Hapus
  2. Bedanya ungu sm kuning apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab, kalo yang kuning, isinya cuma antibiotik doang. Kalo yg ungu, antibiotik + obat jerawat ^^

      Hapus
  3. Bedanya ungu sm kuning apa ya?

    BalasHapus
  4. Makasih deh infonya, btw kunjungi saladinez.blogspot.com juga ya! Thx

    BalasHapus
  5. Makasih deh infonya, btw kunjungi saladinez.blogspot.com juga ya! Thx

    BalasHapus
  6. Kisah kita sama mba',tiba tiba muncul jerawat. Sekarang saya pkek mediklin ungu juga 😢😭

    BalasHapus
  7. Kisah kita sama mba',tiba tiba muncul jerawat. Sekarang saya pkek mediklin ungu juga 😢😭

    BalasHapus
  8. Saya udah lama pakai yang ungu tapi itu buat darurat apabila jerawat membandel baru q pakai itu. Obatnya emang lumayan keras efeknya perih pada waktu cuci muka dan bekasnya memerah kaya gosong tapi bekasnya tetep bisa hilang kok dan jerawat cepat kempes. Kalau yang oren nggak terlalu keras cuma agak lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pake yg oren. berapa bulan kira2 hasilnya?

      Hapus
  9. Hari ini persis sy pake yg ungu 2 mlm...kbtulan hr senin sy facial dan kt terapisnya prihatin lht jrawatnya tnbh byk,dia saranin pke medklin ungu,sejauh ini emg efeknya jrawt cepet kering n sbagian nglupas gt...smoga kali ini cocok dgn obat ini
    Btw bt nita sintari,Trims yaa postingannya 😁
    Smangat Berbagi....🙏

    BalasHapus
  10. Sy lebih parah mbk dr kamu .. dpt resep dr dokter kulit medi klin sm sun blok parasol .. seminggu hilang tp masih merah2 .. tp sy dpt jg obat yg diminum

    BalasHapus
  11. ino make nya di totol diatas jerawat kan ya? bukan di poles ke keseluruhan area berjerawat?

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Mba , muka aku malah makin parah , merah dan ada benjolan yang muncul banyak banget tapi gak nampak gitu , aku udah pemakaian 3 minggu sumpah rasanya perih banget . Tolong sarannya dong harus gima gue soalnya udah gak nahan banget rasanya terus jelek banget kelihatannya muka ku��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake tipis2 aja kakak.. jangan terlalu tebal..saran sedikit kali saat cuci muka jangan terlalu di gosok kencang2. ..
      Aku pake yang unggu alhamdullilah dah kembali normal.. walau prosesnya 2 smp 3 minggu awal emng pake merah2 perih.. pas kedokter lagi ga masalah ko itu proses aja...
      Semoga lekas sembuh membaik ya

      Hapus
  14. Mukanya mba nita sama persis kaya aku, tapi aku pake yg oren malah makin banyak yg tumbuh kecil2. Jd harus pake yg ungu tah? Saran dong..

    BalasHapus
  15. Aku juga sama seperti mbak nita. Lebih parah malah.. byk dan bernanah di seluruh muka. Sampai konsul dokter kulit dan di kasih obat mediklin-TR. Awal nya mmg sakit,perih dan biasa nya malah bikin byk jerwat. Tp sejauh pngentahuanku.. dimana2 obat jerwat mmg bakaln mengeluarkn jerwat keseluruhan. Baik yg masih terpendam di dlm jringan kulit.. jd saat semua nya udh keluar total. Baru obay bereaksi menyembuhkan. Alhamdulillah muka aku udah bersih skrg

    BalasHapus
    Balasan
    1. ka ini aku baru sehari pake yg ungu,tp pas pagi malah muncul lumayan bgt di tempat yg emang bekas jerawat,itu gpp ga sih ? bantuin jawab pls,panik bgt ini

      Hapus
  16. Tolong dong saya pake medi klin trus ini ko sakit banget ya kaya luka gitu di jerawat pipi kalo di jidat sih udah agak ilang 5 hari tapi sumpah ini kalo ga pake obat juga efek samping nya masih kerasa ya allah

    BalasHapus
  17. Aku uda pakai mediklin orange .tp jerawat aku ga ada perubahan ,tetep aja banyak . jerawat ku kecil2 tp beraerakan dmn2... Sebel bgt. Rasa nya pengen gt ,d congkel .

    BalasHapus
  18. Mbak mediklin ungunya di totol atau diolesin smua ke mukak? Tlg bantu jwb ya yg udah coba brhasil. Trims

    BalasHapus
  19. Sy cb bantu jawab yaa,sy sarankan ditotol sj ke area jerawat sj,mengingat efek kering yg ditimbulkan dr mediklin yg ungu tsb
    Smoga cepet sembuh yaa...😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak Enden.. 😊
      Mbak sendiri makeknya brp lama smpe mukak bersih mbak?

      Hapus
    2. @Linawati,sy kurleb 2 bln pake,skrng sdh lebih baik dan bersih banget...tinggal efek bekas jerawatnya sj

      Hapus
  20. Mbak mediklin ungunya di totol atau diolesin smua ke mukak? Tlg bantu jwb ya yg udah coba brhasil. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aku sih di olesin kesemua muka dengan tipis2... terus kalo ada jerawat yang bengkak dan gedeeee banget aku tambah totollin... 😁

      Hapus
  21. Kalo udah ilang jerawatnya trus ninggalin bekas merah kah? Trus ngilangin bekas merahnya gimana??

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Kalau kulit mengelupas ngelupas gitu emang efeknya ya?

    BalasHapus
  24. Aku pake mediklin tr yg ungu duh sumpah ini sakit bgtt awalnya ah mungkin bentar lg sembuh ni lama bgt. Muka tuh kaya kebakar uda gtu sakit bgtt. , Kalo cuci muka kerasa cekit cekit perihnya mpe ga nahan mana ni jdi bengkak ada noda hitam ,, kata temen2 yg uda pake bagus mpe ga akan berbekas tp duh sakitnya ga nahan ,,ini harus d pake lgi apa jangan mediklinnya sakit bgt serius

    BalasHapus
  25. Sy hanya sekedar saran aja,setiap orang punya efek yg berbeda²,sm km efeknya perih dan mpe berasa kebkar gitu,di sy dan temen yg lain gpp,...

    Jg ngak usah dilanjutin,malah nti tmbah parah,coba alternatif yg laen,sperti pake cuka appel dgn perbadingan 1 : 1,dan pake sabun sebamed agar kulit kita kembali dgn ph seimbang.itu yg sy lakukan...dan skrng sdh jauh lbh baik.itu saran dr saya Mba.smoga cepet sembuh yaa...salam dr bdg,Nuhun 👌

    BalasHapus
  26. Waah aku baru pakai ini 5 hari lalu, tpi rasanya gak terbakar/perih, cuman efeknya ini malah jadi gatal" setelah pemakain :((( dan emang jadi kering + nglupas kulitnya, yaa semoga ini obat manjur, doakan 🙏

    BalasHapus
  27. saya menggunakan medi klin tr ini, skrg reaksi diwajah saya perih,merah, kering dan kaku, jerawatnya keluar semua dan bernanah kecil2, sampe males bgt ngaca dan lihat muka sendiri, tp setelah itu jerawatnya kering tp masih muncul jerawat baru apa memang seperti ini cara kerjanya? mohon bantuannya

    BalasHapus
  28. aku udah pake juga mediklin, hasilnya bagus. cepat bangat jerawat jadi kempes

    BalasHapus
  29. Pakenya mediklin ini berapa lama.apakag nnti pagi baru di bilaa

    BalasHapus
  30. Boleh ngk kalo siang nya pakai medi-klin orange trus malam nya di lanjutin dgn medi-klin ungu ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab yah mba ia kdg q pake bgtuan klo q kerja q oake mediklin orange sama sunblok malam nya q oles tipis yg ungu trimakasih

      Hapus
  31. Aq mmkai medklin baru 3hr ko rasa.a ky trbkar cuci muka pakai air pun rasa.a pering bgt,udh it membekas pda htam2..
    It gmn y hrs d brentikan atau dtruskn...
    Mohon pnceraha.a

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga seperti itu kok hehe, sabaar, aku aja 4 bulan baru sembuh

      Hapus
  32. Sabar,, smua proses ya. aku juga baru pake ini 4 hari . pke mwdi clik yg ungu.. tkut si ngeliat muka merah, kering, mngelupas .. cba ttap dipake sblumnya cuci muka pke air hangat d diamkan biar muka ngga basah olesin tipis2 ..

    BalasHapus
  33. Sabar,, smua proses ya. aku juga baru pake ini 4 hari . pke mwdi clik yg ungu.. tkut si ngeliat muka merah, kering, mngelupas .. cba ttap dipake sblumnya cuci muka pke air hangat d diamkan biar muka ngga basah olesin tipis2 ..

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. Satu Muka aku jerawatan aku bru pake ini 2 minggu tapi parah gatelnya gakuat 😭 siangnya aku pake cream gizi apa gili lupa hahaha trs pake bedak mars , sumpah gatau hrs lanjut apa engga ilang si ilang kempes iyabtp merah sm gatelnya gakuat 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah aku kok gak gatel ya hehe, coba tanyake dokter mba

      Hapus
  36. Berenti aj dulu mba pake mediklinnya

    BalasHapus
  37. Boleh untuk wanita hamil gak yaaa mohon jawabannya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahuku engga kak, soalnya ini obat keras. coba konsultasi ke dokter ya kak

      Hapus
  38. hai kak, mau tanya, aku hampir 1 bulan ini pake mediklin yang ungu,, menurutku sih sudah lumayan sedikit ada perubahan, sabun cuci muka nya aku pake jf sulfur dan pake bedak marcks,, nah berhubung aku kerja, pas lagi ada meeting ketemu client aku suka gak pd dengan bekas di wajah merah2,, aku suka tutupin pake foundation matte nya maybelline dan untung itu gak ngefek atau buat bikin jerawat lagi,, cuma kan aku gak pake sunblock apapun, muka jd kering bgt,, terus kelupas2annya keliatan gt,, kemaren 2 hari coba pake fairnlovely malah bikin timbul 3 jerawat baru,, sunblock apa ya yang cocok dipake barengan dengan mediklin dan bisa bantu hilangin bekas merah2nya? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah banyak banget ya produknya hehe.. aku dulu pake obat ini malahan gak berani apa2, setelah sembuh baru berani make up lagi :) coba konsultasi ke dokter kak

      Hapus
    2. Kan udh disarani kak selama masih dlam prwatan disarankan jgn memakai produk lainnya biar proses nya cpat mendingan kk pake sunblok trus siangnya pake mediklin orange sejuk kok

      Hapus
  39. Kalo buat jerawat yg sedeng bisa gk? , gk terlalu parah sihh, cuman merah aja, tapi bukan jerawat batu juga ka hampir mirip bruntusan gitu tapi dipipi doang ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa banget kok, tapi jangan banyak banyak ya makenya hehe

      Hapus
    2. Pake yg orange aja kak biar agk ringan toh jerawatnya masih bruntusan mmng agk lambat tp slow but sure sih saya rasa

      Hapus
    3. Aq juga beruntusan dipipi, lalu ke dr, beliau kasih aq kompresan dari infusan NaCl alhamdulillah sembuh

      Hapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus


  41. 31 dtk
    Mau minta saran kan saya pake salep mediklin tr yg ungu nah reaksi nya uda seminggu gatal agak perih ketika cuci muka dan kulit kering merah sma agak melupas,nah saya ketika cuci muka agak di gosok buat ngilangin yg megar nya apa itu gpp atau sebaik nya jangan?minta saran nya dong

    BalasHapus
  42. kalo buat jerawat yang kecil kaya bruntsan gt pake yg orange cukup ga ka? apa hrs pk yg ungu? Soalnya kmrn mlm saya sudah pakai, nah si bruntusan jerawatnya malah keluar kaya isinya gt dan menimbulkan warna merah gt mba, itu emng prosesnya atau gmn ya? Mohon bantuan jwbannya yak, trimaksi sblmnya

    BalasHapus
  43. kalo buat jerawat yang kecil kaya bruntsan gt pake yg orange cukup ga ka? apa hrs pk yg ungu? Soalnya kmrn mlm saya sudah pakai, nah si bruntusan jerawatnya malah keluar kaya isinya gt dan menimbulkan warna merah gt mba, itu emng prosesnya atau gmn ya? Mohon bantuan jwbannya yak, trimaksi sblmnya

    BalasHapus
  44. Wajahku jerawat pasir kak ya kyk bruntusan gitu.Dulu cuma ada di jidat aja,tp malah skg nyampe pipi .Awalnya aku pake cream khusus buat jerawat awalnya cocok tp lamalama malah muncul jerawat baru di pipi,pdhl sebelumnya gapernah kaya gini:(Ini tadi aku beli mediklin,tp yang orange .Emang mediklin yang ungu itu lebih manjur kah drpd yg orange?Soalnya jerawat aku ga banyak bgt gitu kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaap, kandungan mediklin ungu lebih keras daripada yang oranye

      Hapus
  45. Pakai mediklin kebanyakan pas di olesin nyaa gak apapa ka??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kata dokterku sih, olesinnya dikit aja soalnya mediklin ini obat keras

      Hapus
  46. Klo pke mediklin, trs disaat yg berbeda make cuka apel boleh ga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tau ya, kalau aku dulu sih lebih milih engga pake apa2

      Hapus
  47. Yg paling aman, konsul ke dokter spesialis kulit. Jangan diobatin sendiri. Dokter biasanya selain kasih obat jerawat yg dioles, juga resepin obat minum & cream utk treatment nya

    BalasHapus
  48. halo, aku baru pake mediklin 5 hari tapi ko bekasnya malah menghitam gitu ya?apa itu wajar ato ga cocok?terus juga numbuh beberapa jerawat di dekat hidung sama dagu. Kalo buat ngilangin bekas jerawat apa bisa pake mediklin ungu? Jerawat saya tadinya kecil tapi pas saya pakein mediklin malah tambah gede. Apa kamu juga kaya gitu?tlg di jawab ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau bekas jerawat aku kurang tauu maaf hehe, coba konsultasi ke dokter yaa semangat!

      Hapus
  49. Aku baru pake mediklin tr bru 3hari tpi udh merah2 kyk gni, udh gtu ada yg jdi luka. Rasanya kering, merah, perih. Itu gmna ya ? Tlg bantu jawab klo ada yg tau:) udh setahun jerawatan gatau mau pake apa lagi:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku rasanya juga gitu tapi engga secepet 3 hari sih.. tapi setelah hitungan minggu rasanya.. semangat yaa

      Hapus
  50. Kak bisa menghilangkan bekas jerawat yg hitam2 kh? Saya sdh pke 4 hri ini malah tmbh bnyak jerawatnya😭 sampe gk kuat mau ngaca. Trus muka ku terkelupas dan perih banget. Tolong pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau bekas jerawat aku kurang tauu maaf hehe, coba konsultasi ke dokter yaa semangat!

      Hapus
  51. Kak bisa menghilangkan bekas jerawat yg hitam2 kh? Saya sdh pke 4 hri ini malah tmbh bnyak jerawatnya😭 sampe gk kuat mau ngaca. Trus muka ku terkelupas dan perih banget. Tolong pencerahannya

    BalasHapus
  52. Kak kalo pake ini di selingin pake apa kan katanya sensi tuh sama sinar uv

    BalasHapus
  53. Hi kak mau tanya dong, aku baru pake mediklin yg ungu, itu dipake setiap malam atau diselingi berapa hari sekali yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab kak,dipake rutin aja tiap malem sbelum tdur

      Hapus
  54. Kalo saya jerawatnya karena dlu pake cream pemutih gitu.. Apa bisa ilang, rasaya malu banget ketika kerja dan ketemu banyaak orang..

    BalasHapus
  55. Kalo saya jerawatnya karena dlu pake cream pemutih gitu.. Apa bisa ilang, rasaya malu banget ketika kerja dan ketemu banyaak orang..

    BalasHapus
  56. Aku juga lagi make mediklin TR yg ungu + antibioti. Awalnya emng muka jerawatan tp B aja. . trus nyoba minum darsih karna lg alergi tp eh tp si jerawat tiba2 meradang keluar gede2 pada bilang ini efek darah kotor yg keluar akibat minum darsih. Sempet down karna org2 bilang muka gw bala bgt. Tp pak suami ttp oke2 aja karna doi gapernah ambil pusing soal apapu Alhamdulillah.. keinget ade gw dulu pernah dpt jerawat yg lbh parah dr gw dan skrg mukanya bersih setelah kurleb 2bln make mediklin ini . Gw coba2 lah pakee.. dan hasilnya emng si muka jerawatnya jd lbh keliatan merah2 dan kering bgt dan malah makin ketara jerawatnya tp emng bner kempeess. Dan gw skrg lg mau istiqomah ama ni mediklin kali aja bisa balik semula muka gw

    BalasHapus
  57. Jerawat nya sama kaya aku, Dan skrng karna stres juga langsung muncul semua... Pdhl sblm.a ak pake mediklin udah hilang semua... Sedih bget deh, mana ini lama banget hilangnya klo pake mediklin orange

    BalasHapus
  58. Ka aku pake mediklin ungu,jerawat nya kempes tapi ko bekas nya jadi item,,apa ga knp"gtu ..

    BalasHapus
  59. Kalau dalam proses berhenti dari cream skincare,terus bnyak jerawat yg muncul, kalau di pakein mediklin bahaya gak yaa..
    Tolong bantu jawab yaa, terima kasih

    BalasHapus
  60. Kak aku uda pake 2h tapi belom kempes terus muncul jerawat kek baru meradang yng ada nanahnya apakah wajar gk kak?

    Mohon di jawab kak makasih🙏🙏
    Soalnya aku baru sma ini jerawattan sekarang mau naik ke kls 2 cowok bantu ya kak

    BalasHapus
  61. Mediklin orange bisa buat pagi gak sih..

    BalasHapus
  62. aku tdnya jerawat berisi gt, trs skrg jerawat aku kempes rata sama kulit malah ky panu gt tp merah, itu wajar ga ya?

    BalasHapus
  63. Kalau pakai mediklin ungu pagi nya boleh pke serum acne scarlet?

    BalasHapus